Manfaat dan Kegunaan Search Engine Bagi Public Relation




Muf faridah 

Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS
Manfaat :
  • mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
  • Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
  • Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.
  • Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melaluiinternet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
  • Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet
Kegunaan Search Engine Untuk PR:
Menurut saya kegunaan serach engine untuk PR adalah membantu mencari informasi dan Search engine Sangat efektif digunakan oleh public relations karena Public Relations yang salah satu fungsinya mempromosikan dan membentuk citra perusahaan, dapat diuntungkan dengan adanya fasilitas di berbagai macam search engine yang tersedia. Beberapa keuntungannya yaitu :
  1. Mudah digunakan untuk ajang promosi
  2. Biaya mengakses relatif lebih murah dibanding secara langsung
  3. Jangkauan bagi konsumen lebih luas dan tak terbatas
  4. Dapat berinovasi untuk menjadi posisi teratas dalam search engine
  5. Promosi yang digunakan tidak hanya visual, tapi audio pun dapat digunakan.

contoh search engine yang sangat populer untuk saat ini, untuk saat ini sudah sangat banyak perusahaan – perusahaan yang mengembangkan teknologi search engine ini, dan diantaranya adalah:
1. google
2. yahoo
3. bing
4. ask
5 wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika warga digital